Kala itu di Viet Nam – Kaget sih!

Tiga kali sudah ku “main” ke Ho Chi Minh City, Vietnam, ngerjain projek penelitian antara Thailand dan Vietnam. Ya tentunya gratis dibiayain orang (sombong amat). Tapi ya sudahlah, mau gimana lagi. Sombong gak sombong gak ada bagusnya di mata netizen.

Di cerita kali ini, aku hanya ingin menyampaikan satu hal saja yang membuatku lumayan pusing mikirnya.

Jadi, waktu pertama kali nyentuh bandara Ho Chi Minh, dalam hati berkata “sudah sampai Vietnam lagi ini barang”. Singkat cerita jemputan datang untuk membawa kita ke hotel. (dak usah panjang-panjang pembahasannya).

Namun yang membuatku shock/kaget/terkejut bukanlah orang atau suasana sekitar. Tetapi lambang “palu arit” ini ada dimana-dimana. Logo tersebut hampir ada di segala pelosok mata ini mengarah.

Ya kita tahu memang negara Vietnam ini sistem pemerintahannya ya Komunis sejak tahun 1976, alias “PKI” bro. Jadi sangatlah wajar kalau logo/lambang tersebut muncul dimana-mana.

Tapi ini kepala langsung puyeng, lah gimana coba. Kalau salah posting foto atau video gak sengaja itu ada foto lambang negara mereka, matilah awak di cap PKI. Di beberapa kampus yang saya datangi juga buat penelitian banyak lambang tersebut. Ini penelitian tentang kesehatan manusia, bukan penelitian politik bernegara. Kacau sudah.

Jadi pas mau ambil foto, ya harus cek-cek kembali latar belakang, lingkungan sekitar. Jangan sampai salah foto. Saat itu juga ku hanya berdoa jangan sampai ada tim penelitian yang ambil foto pas ada akunya bersamaan dengan itu logo. Tau sendirilah netizen langsung main hantam saja. Gak tau perkara, langsung main cap saja. Abis itu main tangkap bangku hantam. Selesai itu barang.

Jadi memang agak ngeri-ngeri sedap kalau mau jalan-jalan di negara yang punya lambang tersebut.

Ya mungkin segitu aja cerita hari ini.

[Foto diambil di Phan Thiet, Vietnam, tahun 2019]

This is an open access article distributed under Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)

Visit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Linkedin